SKRIPSI TENTANG PESANTREN BENTAR

Bismillah,

Skripsi berjudul Pola Pendidikan Islam: Suatu Kajian Historis Terhadap Pesantren Persis Bentar di Kabupaten Garut Tahun 1967-1988, sudah ditulis oleh Sdri. NURLELA di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Berikut kami lampirkan abstraksinya,

Skripsi ini berjudul “Pola Pendidikan Islam: Suatu Kajian Historis Terhadap Pesantren Persis Bentar di Kabupaten Garut Tahun 1967-1988”. Masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana pola pendidikan Islam yang diterapkan Pesantren Persis Bentar. Masalah utama tersebut kemudian dibagi menjadi 3 pertanyaan penelitian, yaitu 1) bagaimana latar belakang berdirinya Pesantren Persis Bentar di Kabupaten Garut, 2) bagaimana kurikulum dan implementasi pendidikan Pesantren Persis Bentar tahun 1967-1988 dan 3) bagaimana gambaran kehidupan Pesantren Persis Bentar yang mencakup pondok, mesjid, kiai, santri, sarana pendidikan pesantren dan persepsi santri dan orang tua santri terhadap pendidikan Pesantren Persis Bentar.

Skripsi ini menggunakan metode historis mengingat bahwa data dan fakta yang dibutuhkan berasal dari masa lampau, sehingga perlu diuji dan dianalisis tingkat kebenarannya agar kondisi yang terjadi pada masa lalu dapat tergambarkan dengan jelas. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini adalah heuristik, kritik serta penulisan dan interpretasi sejarah (historiografi). Dalam penulisan skripsi ini, penulis mendapat bantuan dari pendekatan dan konsep-konsep ilmu pendidikan seperti kurikulum, metode, materi, evaluasi, jenjang pendidikan dan sebagainya. Kegiatan pengumpulan sumber dan data penelitian, selain menggunakan studi literatur, digunakan juga wawancara terhadap narasumber, baik pelaku maupun saksi sejarah.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa berdirinya Pesantren Persis Bentar di Kabupaten Garut dilatarbelakangi oleh lahirnya organisasi Persatuan Islam (Persis) cabang Garut. Selain membuka cabang, tokoh-tokoh Persatuan Islam seperti Komaruddin AS, Zaenuddin Masdiani, Syihabuddin dan Zamaluddin membuka Pesantren Persis Bentar. Pesantren Persis Bentar didirikan pada tahun 1967. Tujuan pendidikan pesantren adalah mencetak kader-kader mubaligh Persis yang mampu menyebarkan ajaran-ajaran Islam kepada masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, materi agama di pesantren masih tetap mendominasi. Dari sejak awal Pesantren Persis Bentar sudah menerapkan sistem penjenjangan kelas secara klasikal. Begitu pula dengan metode pengajaran di kelas tidak lagi menggunakan metode sorogan dan bandongan. Sistem evaluasi yang diterapkan sudah terencana.

Seiring dengan masuknya unsur-unsur baru (modern) tersebut, Pesantren Persis Bentar dapat dikategorikan sebagai pesantren khalafi (pesantren modern). Meskipun demikian, unsur-unsur dari tradisi pesantren seperti pondok, mesjid, pengajaran kitab-kitab klasik, kiai dan santri masih tetap dipertahankan. Sarana penunjang pendidikan yang terdapat di Pesantren Persis Bentar adalah pondok, mesjid, madrasah (ruang kelas) dan perpustakaan. Pada tahun 1988 banyak perubahan dan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh Pesantren Persis Bentar terutama dalam kurikulum pendidikannya turut serta mempengaruhi orientasi pendidikan Pesantren. Dengan demikian, sampai tahun 1988, Pesantren Persis Bentar dapat dikatakan sebagai masa format awal dan pemapanan model pesantren yang diselenggarakan Persatuan Islam Cabang Garut dari mulai Diniyyah Ula, Tsanawiyyah, Tajhiziyyah sampai Muallimin.

Namun sayangnya, file *.pdf nya hanya bisa diwonload di lingkungan UPI saja, jika didownload akan muncul peringatan sebagai berikut:

Mohon maaf, akses data Full Text hanya diperkenankan dari dalam jaringan (Intranet) Gedung Perpustakaan UPI, sekiranya memerlukan informasi dapat menghubungi Riki Nuryadin dengan email cukil_riki@yahoo.co.id atau staf Perpustakaan UPI di no tlp: +62-22-2019487

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum

Admin

Perihal pesantrenpersis19garut
Memahami, Mengamalkan, dan Mendakwahkan Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: